Evolusi Arsitektur Komputer
KOMPUTER adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau
data. Komputer mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Anda mungkin
telah mengetahui bahwa Anda dapat menggunakan komputer untuk mengetik dokumen,
mengirim e-mail, bermain game, dan menjelajah Web. Anda juga dapat
menggunakannya untuk mengubah atau membuat spreadsheet, presentasi, dan bahkan
video.
Evolusi Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer
ialah suatu ilmu dan juga seni tentang tata cara interkoneksi antara berbagai
macam komponen perangkat keras atau hardware agas bisa melahirkan sebuah
komputer melengkapi kebutuhan fungsional, kinerja dan juga target keuangannya.
Dalam hal bidang
teknik komputer, artsitektur komputer diartikan sebagai suatu ilmu yang
tujuannya adalah untuk merancang sebuah sistem komputer.
Klasifikasi Arsitektur
komputer
1.Arsitektur Von
Neumann
Arsitektur Von Neumann
adalah arsitektur komputer yang menempatkan program (ROM=Read Only Memory) dan
data (RAM=Random Access Memory) dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini
memiliki address dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan
data. Arsitektur von Neumann atau Mesin Von Neumann merupakan
arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann pada tahun 1903-1957. Yang
mana hampir semua komputer saat ini menggunakan Arsitektur buatan
John Von Neumann. Arsitektur Von Neumann
ini menggambarkan komputer dengan empat bagian utama yaitu:
§ Unit Aritmatika dan Logis (ALU),
§ Unit kontrol (CU)
§ Memori
§ Alat masukan I/O
Diagram Arsitektur Von
Neumann
2.Arsitektur Model
Harvard
Arsitektur Harvard
memiliki dua memori yang terpisah satu untuk program (ROM) dan satu untuk
data (RAM), yang mana arsitektur ini merupkan kebalikkan dari
arsitektur komputer model von nuemann, jika von neuman mengabungkan ROM
dan RAM menjadi satu maka arsitektur harvard maka kedua memori tersebut
dipisahkan.
Pada arsitektur
Harvard, overlaping pada saat menjalankan instruksi bisa terjadi. Satu
instruksi biasanya dieksekusi dengan urutan fetch (membaca instruksi ), decode
(pengalamatan), read (membaca data), execute (eksekusi) dan write (penulisan
data) jika perlu. Secara garis besar ada dua hal yang dilakukan prosesor yaitu
fetching atau membaca perintah yang ada di memori program (ROM) dan kemudian
diikuti oleh executing berupa read/write dari/ke memori data (RAM). Karena
pengalamatan ROM dan RAM yang terpisah, ini memungkinkan CPU untuk melakukan
overlaping pada saat menjalankan instruksi. Dengan cara ini dua instruksi yang
beurutan dapat dijalankan pada saat yang hampir bersamaan. Yaitu, pada saat CPU
melakukan tahap executing instruksi yang pertama, CPU sudah dapat menjalankan
fetching instruksi yang ke-dua dan seterusnya. Ini yang disebut dengan sistem
pipeline, sehingga program keseluruhan dapat dijalankan relatif lebih cepat.
Diagram Arsitektur
Model Harvard
Kelebihan Arsitektur
Komputer Model Harvard
§ Bandwidth program tidak mesti sama dengan
bandwidth data
§ Opcode dan operand dapat
dijadikan dalam satu word instruksi saja
§ Instruksi dapat dilakukan dengan lebih singkat
dan cepat
§ Memori program dan data yang
terpisah, maka kavling total memori program dan data dapat menjadi
lebih banyak.
Kekurangan Arsitektur
Komputer Model Harvard
§ Arsitektur Harvard tidak memungkinkan untuk
menempatkan data pada ROM.
§ Arsitektur in tidak memungkinkan untuk
mengakses data yang ada di ROM
Referensi :
Komentar
Posting Komentar